Selasa, 13 Mei 2008

Anggota Kelompok V

  1. Euis Aenilawati F1B006062
  2. Leily Safaria F1B006064
  3. Fajar Shiddiq F1B006065
  4. Ahmad Najib F1B006066
  5. Yuni Prasetio F1B006068
  6. Famella Tia D S F1B006070
  7. Ayu Diana Sari F1B006071

23 komentar:

Recode Change DNA VI mengatakan...

Nama : Dhien Shamata
Nim : FIB006072
ass.....
Saya ingin bertanya kepada kelompok saudari Euis Aenilawati dan kawan-kawan
Berdasarkan makalah yang saya baca diblog kalian, ada yang ingin saya tanyakan:
Mengapa kebanyakan organisasi-organisasi dewasa ini selalu melakukan perubahan setelah organisasi-organisasi tersebut mengalami proses kemunduran?
Perubahan-perubahan kecil seperti apa yang biasanya dilakukan oleh organisasi dalam menuju proses perubahan yang di inginkan?

Kelompok 5 mengatakan...

Ass.nama saya EUIS AENILAWATI
F1B006062 Ya terima kasih sebelumnya atas pertanyaan dari teman kita dhien..Ya langsung saja saya akan menjawab pertanyaan tsb:
Ya menurut saya organisasi2 dewasa ini selalu melakukan perubahan setelah organisasi tsb mengalami kemunduran.Hal tersebut dapat terjadi karena individu/organisasi2 itu enggan untuk melakukan proses perubahan misalnya karena ketidakpastian, atau dapat juga karena mereka tidak berani mengambil resiko,perubahan bukan berasl dari diri orang tsb,gangguan terhadap rutinitas,tujuan perubahan tidak jelas,perubahan menimbulkan rasa takut kegagalan,pengorbanan yang diberikan terlalu besar,sudah sangat puas dengan kondisi sekarang,kecemasan seorang atasan,perubahan bisa berarti kehilngan sesuatu dll.tapi KITA HARUS TAHU TIDAK semua organisasi demikian.ada juga organisasi/individu yang tanggap/respon terhadap perubahan-perubahan yang terjadi baik itu di lingkungan organisasi maupun lingkungan luar organisasi.
Perubahan2 kecil yang dapat dilakukan adalah perubahan kinerja para anggota organisasi ya menjadi lebih giat bekerja, lebih kreatif dan inofatif,lebih produktif mempunyai smangat yang tinggi misalnya memberikan diklat, pelatihan kepada pegawai/anggota organisasi(merubah sgala sikap2 yang buruk menjadi lebih baik dalam melakukan pekerjaan organisasi agar tujuan organisasi dapat tercapai)

Recode Change DNA VI mengatakan...

Ass...hello teman-temanQu yg caem2 and bae2 ma Q. Saya Mirza Anjeng Sari (icha). mau tanya boleh G?, kalu boleh terima kasih Ye.
gampang Ko, pertanyaannya... :)

Begini loeh, Gladwell menyimpulakan ada empat kaidah yang sangat penting dalam proses penyebaran upaya memcari tahu bagaimana hal-hal kecil telah berhasil membuat perubahan besar, keempat kaidah itu antara lain :
1.hukum tentang Yang Sedikit ( The Law of Few )
2.Faktor Kelekatan ( The Stickness Factor )
3.hukum tentang Kegaduhan Suara : jangan abaikan hal-hal kecil
4.Kekuatan Konteks ( The Power of context )

Yang akan menjadi pertanyaan Menurut kalian dari keempat kaidah tersebut, kaidah manakah yang paling penting digunakan u/ kita dapat mengalami perubahan menjadi lebih baik? berikan alasannya ya...makaci...:)

Mirza Anjeng Sari (F1B006073)

SEMANGAT yOO..!!!

Unknown mengatakan...

Perubahan tidak memerlukan tangan jutaan manusia namun dapat terjadi sebagai akibat keberanian berpikir satu dua orang yang memiliki keterampilan dan pemikiran yang luar biasa.

tolong dijelaskan lebih lanjut dari pernyataan diatas beserta contoh konkritnya!!!!!

dyna (F1B006003)

Kelompok 5 mengatakan...

Ass. SAYA EUIS AENILAWATI F1B006062
makasih juga ya atas pertanyaan dari Mirza Anjeng S..
Menurut saya KE EMPAT KAIDAH tsb itu sama-sama penting untuk diperhatikan dan dilakukan agar mengarah keperubahan yang lebih baik dan agar perubahan itu mampu bergerak cepat..Karena menurut saya keempat kaidah itu saling berhubungan satu sama lain karena kaidah tsb sudah mencakup smua hal-hal yang ada diorganisasi yang harus diperhatikan dan ditanggapi serta dilakuka..Pokoknya JIKA INGIN PERUBAHAN ITU BERJALAN EFEKTIF,EFISIEN DAN PERUBAHAN ITU BERDAMPAK BESAR so kaidah tsb harus dilakukan smuanya,harus BALANCE dilaksanakan

Kelompok 5 mengatakan...

Ass.nama saya EUIS AENILAWATI SAYA KANN MENJAWAB PERTANYAAN DYNA ya memang perubahan itu tidak memerlukan tangan jutaan manusia namun dapat terjadi sebagai akibat keberanian berpikir satu dua orang yang memiliki keterampilan dan pemikiran yang luar biasa.maksudnya dalam menyebarkan epidemik/peran penularan perubahan itu dapat dilakukan oleh satu dua orang tiidak melalui banyak orang.JAADI MENYEBARKAN perubahan cukup 1 ATAU 2 orang tapi untuk merealisasikannya pun 1 atau 2 orang yang menebarkan perubahan tsb akan melibatkan banyak orang..JADI BANYAK oarang yang dilibatkan itu hanya dalam merealisasikan perubahan tsb tapi meyebarkan perubahan cukup 1 atau 2 orang saja yanng memiliki potensi,kemampuna dan pemikiran yang luar biasa

iputajah mengatakan...

Ass..Wr.Wb.
Mo nanya ttg kaidah kedua, tentang kaidah kelekatan. Disitu dijelaskan bahwa dalam memberikan pesan, agar pesan dapat diterima oleh si penerima pesan, pemberi pesan selain harus mengenal orang juga harus kredibel, layak, dipercaya dan ucapan-ucapannya tdk bias. Gimana klo orang yg memberi pesan tidak kita kenal?..apa patut diterima atau dipercaya?pdahal pada zaman skrg ini, banyak orang yang ucapan-ucapannya tdk bias dan manis, tetapi realisasinya tidak dilaksanakan. makasih...
PUTRI APRILIANI RAHMAH (F1B006005)

ajayajah mengatakan...

FAJAR ROSLIATIKA (F1B006004)
Haiii..
Mo nanya niph, ttg kaidah pertama.
disitu kan dijelaskan bahwa orang2 dalam jaringan yg lebih luas memiliki seperangkat keterampilan sosial yang langka. Apa maksud dari pernyataan tsb?seperti apa contoh keterampialan langka tsb?..
Truzz, karena jumlahnya sedikit kalo kita beri mereka previlage maka kita menaruh beban dipundak mereka,apa maksud dari pernyataan tersebut?
hatur nuhun....

deeyaa imoet mengatakan...

Dalam makalah anda menyatakan bahwa manajemen adalah ilmu yang penerapannya berhubungan dengan konteks, yaitu situasi, kondisi, waktu dan tempat di mana konsep tersebut diterapkan.Apabila pernyataan itu diterapkan di indonesia dengan keadaan seperti sekarang ini, menurut kelompok anda konsep manajemen apa yang akan diterapkan agar sesuai dengan konteksnya?
oleh NADIA (F1B006092)

Re-code I mengatakan...

Oky Tiara Kusuma ( F1B006030 )

Setelah membaca makalah anda, ada sesuatu hal yang kurang saya pahami. ( Perubahan melalui sedikit orang sangat penting untuk dilakukan agar setiap perubahan itu bergerak lebih cepat, menular kepada banyak orang dan memberi dampak perubahan yang sangat besar dengan biaya yang seminimal mungkin ) .
Tolong jelaskan dari pernyataan tersebut. Thanks.

Re-Code III mengatakan...

Nama : Sudaryanto
Nim : F1B006050
menurut kesimpulan kelompok anda,"tokoh-tokoh besar tidak memerlukan massa besar(cukup 2/3 orang pengikut luar biasa,maka ia akan berputar sendiri). Apakah pernyataan tersebut berlaku dan cukup efektif apabila diterapkan dalam kepemimpinan birokrasi di Indonesia, yang mana menurut pengamatan saya, sejak dahulu sebagian besar pemimpin yang akan melakukan perubahan di Indonesia harus terlebih dahulu mendapat dukungan massa yang besar(mayoritas) dan hingga sekarang pun pemimpin kita (SBY-JK) tidak dapat melakukan perubahan tanpa dukungan massa yang besar? terimakasih.

Unknown mengatakan...

dalam makalah anda dijelaskan Ada lima tipe orang yang perlu kita perhatikan disini, yaitu
1.Para penjaga pintu gerbang (Gate Keeper)
2.Para Penghubung (Connector)
3.Para Pencemas yang banyak bicara
4.Para Spesialis Informasi (kritikus masalah)
5.Salesman yang selalu beruntung
yang jadi pertanyaan saya selain dari lima tipe tersebut masih adakah tipe-tipe lain yang perlu kita perhatikan?

Irfan Murdany (F1B006017)

giegeigie mengatakan...

Misi-misi numpang tanya...

Dalam konteks pemahaman makalah di kelompok lima ini, tolong dijelaskan tentang persepsi konkretnya dalam implementasi suatu manajemen yang dapat diterapkan dalam ruang lingkup kehidupan masyarakat Indonesia?...

Sebutkan pemanfaatan manajemennya dalam wujud realitas yang mempunyai pengaruh terhadap quality Sumber Daya Manusianya, sehingga dengan apa yang telah disampaikan dapat mempunyai suatu kegunaan...

Faktor apa saja yang dapat mendukung tercapainya suatu tujuan manajemen tersebut dalam kaidah keempat The Power Of Context?...

Apakah manajemen yang powerful ditafsirkan sebagai perangsang brainstorming mengenai suatu konsep yang telah ada?...

Apa yang harus dilakukan SDM demi menunjang beberapa kemampuan yang berhubungan dengan kualitas tersebut dengan berbasis pada solution oriented?...dan bisa dijelaskan dengan contoh yang nyata seputar kehidupan masyarakatnya...

Makasi...
ANGGITA NIANDA : F1B006093

kurnia romadona mengatakan...

Dalam kaidah pertama dikatakan bahwa Hukum Yang Sedikit menandaskan ada sedikit orang yang mampu menjalankan peran penularan (epidemik) yang sangat efektif. Sebaliknya juga benar, yaitu bila terlalu banyak orang yang dilibatkan, maka tanggung jawab pun akan menyebar dan melemah.dikatakan pula bahwa Ada lima tipe orang yang perlu kita perhatikan salah satunya yaitu Para Pencemas yang banyak bicara. pertanyaannya bagaimana cara para agent change menghadap para pencemas tersebut agar tidak menjadi penghambat dalam suatu perubahan? contohkan sesuai dengan keadaan indonesia saat ini?

Blog Administrasi Negara mengatakan...

Dalam makalah saudara disebutkan bahwa dalam proses Re-Code ada konteks yang memegang peranan yang sangat serius yang sangat menetukan apakah benih yang ditaburkan mampu hidup atau tidak. Konteks itu ibarat iklim, yang dibentuk oleh waktu dan tempat. Yang ingin saya tanyakan adalah konteks yang seperti apa yang dimaksudkan t5ersebut?

Terima kasih

TITIN WARTINI (F1B006027)

Anonim mengatakan...

Esa Marhendra Wisnu Wardana (F1B006037)

Syaloom....tmn2 V.....

Eh, sy mau sdikit nimbrung "ngrubesi"
hehehehe....

Sy mo bertanya dalam melaksanakan Re-Code The Critical Mass ada lima tipe orang yg perlu dilibatkan....Lalu yg mau sy tnyakan bagaimana jika dalam prosesnya beberapa tipe orang tersebut atau bahkan semuanya saling crash satu sama lainnya?

Lalu bgaimana cara yg tokcer dalam me-manage kelima tipe orang tersebut shg dapat berjalan selaras, serasi dan seimbang dalam melaksanakan Re-Code The Critical Mass

Graciae.....
GBU all......

Bravo Milan n Gourcuff!!!!!

bayu mengatakan...

sebelumnya maaf, jika pertanyaan aku dirasa terlalu bodoh. aku hanya ingin tau, keempat kaidah tersebut pasti terdapat banyak manfaat. namun ada juga kendala yang menghalangi proses kaidah tersebut, apa saja kendalanya?dan bagaimana untuk dapat mengatasinya?
lalu, diantara keempat kaidah tersebut, manakah yang menurut temen2 paling baik dilakukan di Indonesia?
terima kasih

bayu rimadhani f1b005097

wahyuardianawati mengatakan...

Wahyu Ardianawati (F1B006059)

Saya mau Nanya.
perubahaan dimulai dari kelompok kecil. untuk melakukan perubahan tidak hanya mengandalkan kelompok kecil tersebut. lalu siapa yang berperan paling besar dalam mendukung perubahan tersebut?

untuk melakukan perubahan memerlukan biaya dan leadhership yang bagus. mennurut kelompok anda, Indonesia harus bagaimana untuk dapat melakukan perubahan ke arah yang lebih baik padahal kita sedang mengalami krisis keuangan.maksudnya disini mungkin langkah kongkritnya.

Kelompok 5 mengatakan...

asskuuuummm....... ne FAMELLA TIA D.S F1B006070 mo ngejawab pertanyaan dari putri....
menurut saya apabila ada seorang yang menyampaikan pesan akan tetapi kita tidak mengenalnya maka kita JANGAN LANSUNG PERCAYA TERLEBIH DAHULU, tetapi kita harus memperhatikan beberapa hal berikut ini...
1. di lihat dari pesan yang dibawakan dari pembawa pesan kita harus memperhatikan pesan yang dibawa tersebut mudah dimengerti dan mudah dipahami jangan sampai kita mengerutkan dahi untuk memahami isi pesan tersebut.
2. kita harus mengetahui dari mana asal dari pesan tersebut. dengan kata lain perintah tersebut harus jelas dan ada batasan-batasan tertentu misalnya batasab waktu, hari, tempat dll.
3. kita harus melihat pesannya secara berulang-ulang shg kita dapat menemukan isi pesan tersebut benar atau tidaknya dan kita dapat dengan mudah mengambil keputusan. dari hal-hal yang disebutkan diatas paling tidak kita bisa membentengi diri kita dari orang-orang yang mau berbohong atau berbuat jahat pada kita lewat kata-kata manisnya.

Kelompok 5 mengatakan...

assskuuummmm........ ne AYU DIANA SARI F1B006071 mo NGejawab pertanyaan dari Fajar R.
MENERUT kami, tentu saja di dalam lingkungan yang lebih luas orang-orang yang memiliki keterampilan atau skill atau keistimewaan pastinya makin sedikit karena apa??? karena kemampuan orang itu berbeda-beda dan setiap orang selalu ingin berkompetisi shg orang yang memiliki kemampuan yang lebih dari pada orang lain akan berusaha untuk meningkatkan kemampuannya tersebut dan tidak semua orang bisamampu mengolah kemampuannya tersebut secara efektif dan efesien dan hanya orang-orang yang punya skill yang tinggi yang mampu mengatasinya. contohnya jika seseorang menjadi orang yang paling pinter di lingkungannya tapi dia tidak lebih pinter di lingkungan yang lebih luas lagi karena di lingkungan tersebut juga ada yang lebih pinter dari drinya. ya...karena sedikit orangnya maka beban yang harus dipikul juga semakin berat. jika orang-orang dengan jumlah yang banyak akan merasa tanggungjawabnya berada pada punggung banyak orang shg dirinya hanya memikul sedikit tanggung jawab dan apabila gagal akan ditanggung sedikit lain halnya dengan orang-orang dengan jumlah sedikit akan menanggung beban sendiri shg seolah-olah beban berada pada pundaknya sendiri.

Kelompok 5 mengatakan...

askkuuuummm ki.... ne FAMELLA TIA D.S F1B006070 MO ngejawab pertanyaan dari OKI TIARAKUSUMA
YA...menurut saya jika terlalu banyak orang yang ikut campur dalam menangani suatu perubahan maka tidak akan efisien dan efektiv dalam penggunaan waktu, biaya, tempat. dan bahkan tekadan saking banyaknya ide2 atau planning yang masuk menjadikan goal dri perubahan tersebut tidak tercapai.

Kelompok 5 mengatakan...

aassskkuuuummmm........ ne FAMELLA DAN AYU F1B006070 DAN F1B006071 MO ngejawab pertanyaan dari irfan murdany...........
menurut kami, dikarenakan didalam sumber yang kami dapat, hanya menyebutkan ke5 tipe-tipe orang yang perlu diperhatikan dan kami rasa tidak ada lagi tipe orang yang perlu diperhatikan lagi....

Unknown mengatakan...

Point 2 menurut saya sangat penting kerena smua unsur yg ada di alam ini saling ketergantungan & saling membutuhkan !!!